BLSM Akan Diberikan Dalam Dua Tahap

Written By prayudi syamsa on Sabtu, 22 Juni 2013 | 09.35

Buruh terlibat bentrok dengan petugas keamanan saat aksi menolak kenaikan harga BBM serta Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Pemerintahan kota Tangerang, Banten, (21/6). TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta--Pemerintah akan memberikan program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dalam dua tahap menyusul kenaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Bantuan yang diberikan untuk 15,5 juta Rumah Tangga Sasaran (RTS) dengan total dana sebesar Rp9,3 triliun untuk empat bulan tersebut akan diberikan dalam dua tahap.

"Setiap bulannya masing-masing RTS mendapat Rp150 ribu dan akan diberikan dalam dua tahap," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Armida Alisjahbana saat konfrensi pers kenaikkan harga BBM di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jumat, 21 Juni 2013.

Selain BLSM, pemerintah juga akan memberikan bantuan dalam program percepatan dan perluasan perlindungan sosial berupa penambahan alokasi Bantuan Siswa Miskin, Beras Miskin, Program Keluarga harapan dan program khusus lain berupa bantuan infrastruktur dasar.

Untuk Raskin, penambahan bantuan selama tiga bulan dari sebelumnya 12 bulan. Sehingga, total bantuan menjadi 15 bulan. Sementara besaran bantuan yang diberikan untuk 15,5 juta RTS masih sama yaitu 15 kg/RTS/bulan dengan harga tebus Rp 1.600/kg. Sementara Bantuan Siswa Miskin akan diberikan per tahun menjadi Rp 450.000 untuk siswa SD/MI, Rp 750.000 untuk siswa SMP/MTs, dan Rp 1 juta untuk siswa SMA/SMK/MA dengan total penerima bantuan sebanyak 16,6 juta siswa. Selain itu ada tambahan manfaat mengurangi biaya hidup sebesar Rp 200.000 bagi pemegang kartu perlindungan sosial.

Adapun Program Keluarga Harapan besaran bantuan ditambah dari Rp 1,4 juta menjadi Rp 1,8 juta sesuai komposisi keluarga dengan bantuan per 3 bulan berkisar antara Rp 500.000 - Rp2,8 juta. Total penerima 2,4 juta rumah tangga sangat miskin.

Sementara untuk program infrastruktur dasar diberikan Prorgam Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Pemukiman (P4-IP) untuk tambahan 11.750 desa/keluarahan dengan alokasi Rp 250 juta perdesa/kelurahan. Selain itu program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (P4-SPAM) untuk menambah layanan bagi sekitar 1,6 juta penduduk dan Porgam Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air (P4-ISDA) terutama untuk perbaikan irigasi kecil di 4.000 desa. Tota nilai bantuan Rp7,25 triliun.

ANGGA SUKMA WIJAYA

Terhangat:

Evaluasi Jokowi | Kenaikan Harga BBM | Rusuh KJRI Jeddah

Baca Juga:
Pensil Bluetooth dan Gelang Komunikasi di SBMPTN
Goh Cok Tong: Anak Singapura 'Tercekik' 
Soal Asap, Menkokesra: Singapura Jangan Mengeluh
Ada Soal Luthfi Hasan di Ujian, PKS Protes SMK
KPK: Gratifikasi Seks Makin Marak


Anda sedang membaca artikel tentang

BLSM Akan Diberikan Dalam Dua Tahap

Dengan url

http://bisnisantaija.blogspot.com/2013/06/blsm-akan-diberikan-dalam-dua-tahap.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BLSM Akan Diberikan Dalam Dua Tahap

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BLSM Akan Diberikan Dalam Dua Tahap

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger