Pertamina Tambah Stok 175 Ribu Kiloliter Premium

Written By Unknown on Sabtu, 22 Juni 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta - Sebagai antisipasi lonjakan konsumsi sebelum harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dinaikkan. Pertamina selaku distributor bahan bakar, telah mengimpor dan menambah stok BBM bensin premium dan solarnya hingga ratusan ribu kiloliter.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik memaparkan, tambahan stok tersebut dilakukan agar tidak terjadi kelangkaan atau kekurangan yang memicu keributan di masyarakat.

"Biasanya kalau ada kenaikan BBM subsidi, masyarakat pasti antri untuk isi tangki masing-masing. Jadi stok premium kita tambah 175 ribu kiloliter dan solar tambah 200 ribu kiloliter," ujar Wacik, Jumat 21 Juni 2013.

Menurut Wacik, hal tersebut lumrah dilakukan mengingat efek psikologis yang ditimbulkan dari kebijakan ini. Pengisian tangki juga dinilai wajar, selama tidak ada oknum yang memanfaatkan kondisi ini dengan mengisi bensin berlebihan untuk ditimbun.

Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero) Hanung Budya memaparkan, konsumsi BBM subsidi memang tampak melonjak selama 4 hari ini. "Rata-rata kenaikannya untuk premium bisa mencapai 25-30 persen. Sementara solar naik hingga 12 persen per hari," jelas Hanung.

Rata-rata konsumsi premium dalam sehari biasanya berada di angka 82 ribu kiloliter per hari, namun dengan adanya kebijakan ini setiap harinya konsumsi bensin premium bisa mencapai hingga 100 ribu kiloliter per hari. Sementara untuk solar, biasanya ada di kisaran 43 ribu kiloliter per hari untuk konsumsi normalnya. Dalam sebulan, dengan hitungan normal tersebut biasanya Pertamina menyediakan stok untuk 18 atau 20 hari.

Hanung memperkirakan konsumsi mulai turun per hari ini dan masuk ke angka normal. "Tapi untuk hari pertama ini kemungkinan bisa drop sampai 50 persen dari 100 ribu kiloliter itu untuk yang premium," katanya.

GUSTIDHA BUDIARTIE


Anda sedang membaca artikel tentang

Pertamina Tambah Stok 175 Ribu Kiloliter Premium

Dengan url

http://bisnisantaija.blogspot.com/2013/06/pertamina-tambah-stok-175-ribu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pertamina Tambah Stok 175 Ribu Kiloliter Premium

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pertamina Tambah Stok 175 Ribu Kiloliter Premium

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger