Norgas Tolak Keputusan Mahkamah Pelayaran

Written By Unknown on Rabu, 12 Desember 2012 | 09.35

Kapal Cargo Norgas Cathinka yang menabrak kapal roro Bahuga Jaya diamankan polisi air di perairan Selat Sunda, Lampung, Rabu (26/9). TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

Rabu, 12 Desember 2012 | 09:26 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Norgas Carries, Pte. Ltd menilai keputusan Mahkamah Pelayaran yang menilai mereka bersalah dalam kasus tabrakan tankernya dengan Kapal Motor Bahuga Jaya, tidak tepat. Karena itu, mereka menolak membayarkan ganti rugi kepada pihak Bahuga Jaya sebesar Rp 76 miliar.

"Kami masih terus membahas persoalan ini dengan pihak Bahuga Jaya," kata juru bicara Norgas, Charles Freeman, Selasa 11 Desember 2012. Ia mengatakan bahwa permintaan ganti rugi tersebut tidak bisa diberikan oleh Norgas begitu saja karena mereka akan melakukan kajian kerugian kedua kapal tersebut.

Menurutnya, pihak Norgas sampai sekarang menilai penyebab bocornya lambung kapal Bahuga yang kemudian menenggelamkan kapal itu bukan akibat tubrukan tanker mereka.Selain itu, Norgas menilai besaran ganti rugi juga terlalu besar dan tidak berdasar. Misalnya saja, Bahuga mengklaim kapal mereka buatan 1992, padahal data Lloyd Intelegency International menunjukkan kapal yang tenggelam itu produksi 1972.

Selain itu, Norgas menegaskan ketika tabrakan akhir September 2012 lalu, kapal mereka hanya melaju dengan kecepatan sekitar 9 knot atau setara dengan 19 kilometer per jam. Dengan laju kapal selambat itu, menurut Charles, lambung kapal Bahuga tak mungkin robek sampai tenggelam.

"Masih diperlukan evaluasi yang mendalam dan objektif untuk mengetahui penyebab tenggelamnya kapal Bahuga," kata Charles Freeman. Dia meminta faktor usia dan kelaikan kapal juga diperhitungkan sebagai penyebab tenggelamnya Bahuga.

Bahuga dan Norgas terlibat dalam banyak perdebatan sengit pasca tabrakan di Selat Sunda ini. Sebelumnya, Bahuga menuding Norgas melebih-lebihkan potensi ledakan akibat penahanan kargonya.

RAFIKA AULIA

Berita Terpopuler:
10 Alasan 21 Desember 2012 Bukan Kiamat
Soal Habibie, Anwar Ibrahim Angkat Bicara
VIDEO Pidato Habibie di Malaysia 
Mendagri Akan Beri Sanksi Alex Noerdin
Israel Gunakan Burung Bangkai Sebagai Mata-mata


Anda sedang membaca artikel tentang

Norgas Tolak Keputusan Mahkamah Pelayaran

Dengan url

http://bisnisantaija.blogspot.com/2012/12/norgas-tolak-keputusan-mahkamah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Norgas Tolak Keputusan Mahkamah Pelayaran

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Norgas Tolak Keputusan Mahkamah Pelayaran

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger