MUI Gelar Indonesia Halal Expo di Surabaya

Written By Unknown on Jumat, 21 Juni 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Surabaya- Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan kosmetika Majelis Ulama Indonesia menggelar pameran Indonesia Halal Expo di Surabaya (Indhex) 2013 di JX Expo Surabaya, Kamis 20-23 Juni 2013. Kegiatan ini menghadirkan produk-produk perusahaan skala nasional, pelaku UMKM bidang pangan, perlengkapan ibadah, busana muslim, lembaga pendidikan, keuangan dan lainnya.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, yang membuka pameran tersebut, mengatakan pameran ini merupakan jawaban dari deklarasi Indonesia sebagai pusat halal dunia pada 2011 lalu.

Ke depan, dia mencanangkan Indonesia sebagai negara wisata syariah yang menjamin adanya nuansa Islami dari segi penginapan, transportasi dan perhotelan. "Jadi wisatawan muslim dunia yang ingin berkunjung ke Indonesia terjamin keamanan atas konsumsi dan kenyamanan atas fasilitas ibadah," katanya, di Surabaya, Kamis, 20 Juni 2013.

Kepala LP POM MUI Jatim, Sugianto, mengatakan hingga sekarang hanya terhitung 637 industri kecil menengah yang dan lebih dari 3.500 produk yang sudah terdaftar memiliki sertifikat halal. Dia juga telah mensosialisikan hal tersebut ke 329 perguruan tinggi di Jatim agar mencanangkan diri sebagai pusat studi syariah.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jatim, Jariyanto mengatakan, akan menerapkan sistem pelayanan syariah pada seluruh restauran dan hotel yang ada. Dengan begitu, dapat tercipta rasa aman terhadap makanan halal dan fasilitas nyaman untuk beribadah.

Namun, dia menambahkan, penerapan tersebut bukan berarti merombak keberadaan hotel dan restoran yang ada. Hanya saja memgimbau pada para pemilik usaha agar menyiapkan sarana dan pelayanan khusus bernuansa Islami.

"Untuk di hotel, seperti menyiapkan Al Quran, perlengkapan solat, arah kiblat dan keran wudhu. Lalu restoran juga harus menyiapkan mushola dan makanan yang disajikan halal," katanya.

Pemerintah mendorong para pelaku usaha restoran untuk mengurus sertifikasi halal ke LP POM MUI.

ARIEF RIZQI HIDAYAT


Anda sedang membaca artikel tentang

MUI Gelar Indonesia Halal Expo di Surabaya

Dengan url

http://bisnisantaija.blogspot.com/2013/06/mui-gelar-indonesia-halal-expo-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

MUI Gelar Indonesia Halal Expo di Surabaya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

MUI Gelar Indonesia Halal Expo di Surabaya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger