IHSG Berpeluang Menguat pada Awal Tahun

Written By Unknown on Senin, 31 Desember 2012 | 09.35

Senin, 31 Desember 2012 | 06:21 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Optimisme menyongsong tahun baru diperkirakan menjadi katalis bagi indeks untuk melanjutkan penguatan minggu ini.

Analis dari PT Trust Securities, Reza Priyambadha, memperkirakan indeks akan melanjutkan penguatannya pekan ini seiring dengan optimisme investor dalam menyambut tahun baru 2013. "Pelaku pasar akan kembali menyusun portofolionya setelah kembali dari libur panjang."

Melihat pergerakan indeks pada tahun-tahun sebelumnya, indeks cenderung mengalami fase penguatan pada awal Januari atau yang dikenal dengan sebutan January effect. Kenaikan pada umumnya akan terjadi terhadap saham-saham dari emiten yang telah mencatat kinerja positif sepanjang 2012.

"Peluang penguatan kembali saham-saham komoditas dari kacamata teknikal juga diprediksi dapat mendorong kenaikan indeks pada kuartal pertama 2013," kata Reza.

Tidak seperti tahun sebelumnya, di akhir 2012 tidak ada aksi window dressing yang menyebabkan reli indeks. Minimnya katalis positif dari luar negeri, terutama ketidakpastian masalah jurang fiskal, membuat investor gamang untuk melakukan aksi beli.

Indeks saham utama di bursa Amerika kembali ditutup melemah pada Jumat lalu karena investor masih mencermati perkembangan masalah defisit fiskal yang belum menemui titik temu. Pelaku pasar juga menunggu keputusan Kongres mengenai pembahasan batas atas surat utang yang boleh dikeluarkan oleh pemerintah (debt ceiling).

Pekan ini, indeks akan bergerak di level 4.275 hingga 4.340. Indeks berpotensi menguat, namun tetap perlu mewaspadai perkembangan terbaru di Amerika Serikat. "Saham-saham yang dapat diperhatikan antara lain Astra Internasional, AKR Corporindo, Bank Mandiri, dan Wijaya Karya," ucapnya.

Indeks harga saham gabungan pada akhir pekan lalu ditutup di level 4.316,68, atau menguat 66,4 poin (1,56 persen) dibanding pekan sebelumnya, di level 4.250,21.

PDAT | M. AZHAR


Anda sedang membaca artikel tentang

IHSG Berpeluang Menguat pada Awal Tahun

Dengan url

http://bisnisantaija.blogspot.com/2012/12/ihsg-berpeluang-menguat-pada-awal-tahun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

IHSG Berpeluang Menguat pada Awal Tahun

namun jangan lupa untuk meletakkan link

IHSG Berpeluang Menguat pada Awal Tahun

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger