Indeks Susut 99 Poin Dari Level Tertingginya

Written By Unknown on Senin, 03 Desember 2012 | 09.35

Senin, 03 Desember 2012 | 06:42 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sempat mencatat rekor tertinggi baru pada November, indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia akhirnya ditutup di bawah level 4.300. Aksi ambil untung yang dilakukan oleh investor setelah indeks mencetak rekor baru membebani pergerakan indeks.

Pada perdagangan Jumat lalu, indeks ditutup di level 4.276,14, yang berarti telah susut 99,03 poin (2,26 persen) dari level tertingginya yang dicapai pada 26 November lalu, yakni di level 4.375,169. IHSG juga turun sebanyak 74,15 poin (1,7 persen) sepanjang November. Dalam sepekan kemarin, indeks juga tergerus sebanyak 72,67 poin (1,67 persen).

Analis dari PT Millenium Danatama Sekuritas, Abidin, mengatakan bahwa sentimen negatif lebih banyak mewarnai indeks pada November. "Ancaman terjadinya jurang fiskal di Amerika Serikat serta ketidakpastian pemberian dana talangan kepada Yunani menjadi sorotan utama investor."

Dari dalam negeri, sentimen penggerak bursa relatif minim sehingga indeks lebih mengikuti sentimen regional. Ruang pergerakan indeks pun cenderung sempit dan bertahan di angka sekitar 4.300. Saat indeks mencetak rekor tertinggi, kerap diiringi dengan aksi ambil untung pada keesokan harinya.

Walaupun demikian, ekonomi dalam negeri yang masih tumbuh, ditopang oleh konsumsi di sektor-sektor berorientasi domestik yang berhasil menjadi penahan indeks di tengah memburuknya ekonomi global. Saham-saham sektor properti, konstruksi, konsumer, dan perbankan kerap menjadi penggerak IHSG. "Demikian pula saham-saham lapis dua, juga mulai banyak memimpin kenaikan indeks," kata Abidin.

Potensi kenaikan indeks, menurut Abidin, baru akan terbuka menjelang akhir tahun seiring dengan adanya aksi window dressing dari para manajer investasi guna mendongkrak kinerjanya agar terlihat moncer menjelang akhir tahun, serta meningkatnya aktivitas konsumsi menjelang Natal dan tahun baru.

Mengawali Desember, indeks masih akan bergerak datar dengan batas bawah 4.230 dan batas atas 4.300.

PDAT | M. AZHAR


Anda sedang membaca artikel tentang

Indeks Susut 99 Poin Dari Level Tertingginya

Dengan url

http://bisnisantaija.blogspot.com/2012/12/indeks-susut-99-poin-dari-level.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indeks Susut 99 Poin Dari Level Tertingginya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indeks Susut 99 Poin Dari Level Tertingginya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger