Libur Natal, Ini Titik Rawan Macet dan Longsor

Written By Unknown on Sabtu, 22 Desember 2012 | 09.35

Sabtu, 22 Desember 2012 | 04:47 WIB

TEMPO.CO , Jakarta:Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Suroyo Alimoeso, mengatakan beberapa titik akan rawan macet selama arus mudik Natal 2012 dan Tahun Baru 2013. "Lokasi yang akan menjadi titik kemacetan adalah lokasi wisata di beberapa kota di Jawa," katanya di Jakarta.

Beberapa titik rawan macet itu adalah Pantai Anyer, Cilegon, Puncak, Bogor, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Pantai Pangandaran, Ciamis, Pantai Pasir Putih, Lampung, Batu Raden, Purwokerto, Borobudur, Magelang, Ambarawa, dan Prambanan, Yogyakarta. Suroyo mengatakan beberapa titik rawan macet sudah terbebas dari kemacetan seperti di beberapa daerah di Jawa Barat. "Beberapa titik sudah kami antisipasi. Cilegon sudah aman dan lancar," kata dia.

Kementerian Perhubungan berkoordinasi dengan kepolisian setempat dan Dinas Pekerjaan Umum guna mengatasi kemacetan.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, Sugiharjo mengatakan beberapa lokasi menjadi titik rawan longsor khususnya pada musim hujan ini. "Yang menjadi titik longsor adalah jalur Selatan dan jalur yang mengarah ke Sumatera," kata dia.

Kementerian Perhubungan sudah menyiapkan alat berat di titik rawan longsor sebagai antisipasi kecelakaan selama libur Natal dan Tahun Baru.

Satu di antaranya dilakukan PT KAI Daerah Operasi  VII Madiun. Mereka mengecek secara rutin jalur kereta api yang akan dilalui para pemudik. "Untuk mengantisipasi longsor di musim hujan, petugas rutin memperbaiki rel," kata juru bicara PT KAI Daop VII Madiun Sugianto. Daop setempat menugaskan petugas mengecek kondisi jalur rawan selama 24 jam.

Ada tiga jalur kereta api Daop VII yang rawan longsor seperti jalur sepanjang Walikukun-Kedunggalar di Ngawi, Caruban-Babadan di Madiun, dan Saradan-Wilangan di perbatasan Madiun dan Nganjuk. Jalur Saradan-Wilangan  pernah mengakibatkan kereta api Logawa anjlok dan terguling hingga menewaskan enam penumpang pada 29 Juni 2010.

PT KAI Daop VII Madiun memiliki jalur rel kereta api sepanjang 236,98 Kilometer Spoor (KMS) yang meliputi 32 stasiun tersebar mulai dari Kabupaten Ngawi, Kota dan Kabupaten Madiun, Nganjuk, Jombang, Kediri, Tulungagung, hingga Blitar.

ISHOMUDDIN | ANANDA TERESIA


Anda sedang membaca artikel tentang

Libur Natal, Ini Titik Rawan Macet dan Longsor

Dengan url

http://bisnisantaija.blogspot.com/2012/12/libur-natal-ini-titik-rawan-macet-dan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Libur Natal, Ini Titik Rawan Macet dan Longsor

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Libur Natal, Ini Titik Rawan Macet dan Longsor

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger