Libur Panjang, Sewa Mobil Laris

Written By Unknown on Jumat, 21 Desember 2012 | 09.35

Jum'at, 21 Desember 2012 | 04:31 WIB

TEMPO.CO, Surakarta--Pengusaha rental mobil di Surakarta menangguk untung saat liburan sekolah kali ini. Sebab seluruh armada yang dimiliki laris manis disewa masyarakat. Pemilik rental mobil Pabelan Sejahtera Trans, Muhammad Samrodin mengatakan 15 mobil yang dia kelola sudah habis disewa masyarakat sejak awal pekan ini.

"Selama liburan sekolah, mobil saya laris disewa. Mungkin akan terus ramai sampai pekan pertama Januari 2013," katanya, Kamis, 20 Desember 2012. Kebanyakan mobil yang disewa jenis multi purpose vehicle (MPV) seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Nissan Grand Livina. Tapi ada juga yang memesan mobil dengan kapasitas lebih besar seperti KIA Pregio dan Isuzu Elf.

Masa liburan sekolah kali ini berbarengan dengan libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Sehingga penyewa tidak hanya mereka yang ingin berlibur, tapi juga yang merayakan Natal di kampung halaman. "Kebetulan kali ini berbarengan. Sehingga jumlah penyewa meningkat drastis. Naik dua kali lipat dibanding hari biasa," ujarnya.

Samrodin mengaku tidak menaikkan harga sewa mobil. Untuk mobil MPV seperti Avanza dan Xenia, tarifnya hanya Rp 250 ribu per 12 jam.

Pemilik Ajibon Trans, Adjie Atmodiwiryo mengakui saat liburan sekolah dan libur panjang akhir tahun menjadi momen bagi pelaku usaha sewa mobil untuk menuai keuntungan besar. "Biasanya mobil habis disewa," katanya, yang menyediakan 13 unit mobil rental.

Harga sewa yang ditetapkan tidak berubah dari hari biasa, antara Rp 250-350 ribu untuk 12 jam. Menurutnya kebanyakan penyewa adalah keluarga dan rombongan yang ingin menghabiskan liburan di Surakarta.

Samrodin yang juga Ketua Asosiasi Rental Mobil Solo Raya mengatakan kondisi serupa juga dialami 27 anggota asosiasi. Rata-rata kendaraan yang dimiliki laris disewa. "Ada sekitar 300 unit kendaraan yang dimiliki anggota asosiasi," katanya.

Ke depan, pihaknya akan mencoba melebarkan sayap dengan menawarkan kerjasama penyewaan mobil ke instansi pemerintah dan swasta. Asosiasi akan membentuk koperasi yang mengurusi kerjasama tersebut.

"Kami ingin membuka peluang bisnis baru. Sebab tidak bisa hanya mengandalkan momen seperti Lebaran atau liburan," ujarnya. Dengan menjalin kerjasama penyewaan mobil dengan instansi, dia menilai pemasukan anggota akan lebih stabil dan keamanan kendaraan terjamin.

UKKY PRIMARTANTYO


Anda sedang membaca artikel tentang

Libur Panjang, Sewa Mobil Laris

Dengan url

http://bisnisantaija.blogspot.com/2012/12/libur-panjang-sewa-mobil-laris.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Libur Panjang, Sewa Mobil Laris

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Libur Panjang, Sewa Mobil Laris

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger