Rupiah Susut 63 Poin Sepanjang Desember  

Written By Unknown on Rabu, 26 Desember 2012 | 09.35

Rabu, 26 Desember 2012 | 06:05 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kuatnya permintaan dolar Amerika Serikat dari para pelaku pasar menjelang akhir tahun membuat rupiah melemah di bulan ini. Sepanjang Desember, nilai tukar rupiah melemah 63 poin (0,66 persen) ke level 9.658 per dolar Amerika Serikat dibanding posisi akhir November lalu pada 9.595 per dolar AS.

Rupiah bahkan sempat melemah ke level terendah hingga ke 9.688 per dolar AS minggu lalu karena tingginya tekanan di pasar Singapura.

Pengamat pasar uang dari PT Harvest International Futures, Tonny Maryano, mengatakan permintaan dolar terus meningkat, sementara pasokan di pasar masih terbatas. "Para pelaku usaha sedang memenuhi kebutuhan akhir tahun, sehingga tidak peduli dolar AS terus naik," ujarnya.

Indeks saham menurun karena investor melepas saham untuk merealisasi keuntungan di pasar uang domestik dengan menukarnya dalam mata uang dolar Amerika. Kondisi ini ikut menekan rupiah selama bulan ini. Tonny memprediksi, di pasar domestik, rupiah akan ditransaksikan dalam rentang 9.600 hingga 9.750 per dolar AS hingga akhir tahun mendatang.

Pekan ini diperkirakan permintaan dolar AS mulai berkurang karena investor sudah banyak yang menikmati libur Natal dan Tahun Baru sehingga transaksi di pasar uang Jakarta akan cenderung sepi dan bisa dimanfaatkan rupiah untuk menguat.

Namun, melemahnya yen karena adanya harapan stimulus dari bank sentral Jepang dapat memicu apresiasi dolar AS yang bisa menghambat apresiasi rupiah.

Kekhawatiran terhadap defisit transaksi berjalan, belum adanya kepastian Amerika dapat menghindari tebing fiskal (fiscal cliff) sehingga dapat membawa Negeri Paman Sam masuk ke dalam resesi serta tingginya permintaan dolar AS membuat rupiah sempat terpuruk hingga di atas 9.800 per dolar di transaksi non deliverable forward pekan lalu.

PDAT | VIVA B. K


Anda sedang membaca artikel tentang

Rupiah Susut 63 Poin Sepanjang Desember  

Dengan url

http://bisnisantaija.blogspot.com/2012/12/rupiah-susut-63-poin-sepanjang-desember.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Rupiah Susut 63 Poin Sepanjang Desember  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Rupiah Susut 63 Poin Sepanjang Desember  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger