Ternyata, Indonesia Masih Impor Singkong

Written By Unknown on Kamis, 13 Desember 2012 | 09.35

Sejumlah pekerja sedang mengupas singkong untuk dibuat keripik singkong di daerah Pakuhaji, Cimahi, Jawa Barat. Jumat (27/4). Dalam sehari mereka memproduksi 2,5 Ton kripik dan dijual mulai harga Rp 13.000/kg sampai Rp 34.000/kg tergantung tingkat kepedasannya. TEMPO/Aditya Herlambang Putra

Rabu, 12 Desember 2012 | 22:51 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Anggota Komisi Pertanian Dewan Perwakilan Rakyat, Hermanto meminta Kementerian Perdagangan menghentikan impor singkong. Menurut dia, kegiatan impor singkong telah mencederai Undang-Undang Pangan yang telah disetujui DPR.

"Semangat kami untuk membatasi impor pangan. Singkong yang notabene gampang ditanam dan diproduksi di dalam negeri masih diimpor, ini keterlaluan," kata Hermanto saat dihubungi Tempo, Rabu, 12 Desember 2012.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera itu mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan dua pekan lalu untuk membahas masalah ini. Menurut dia, Kementerian Perdagangan beralasan impor tersebut untuk memenuhi kebutuhan industri dalam negeri.

"Tapi sebenarnya masih bisa diatasi, singkong itu mudah tumbuh di dalam negeri. Kami minta agar pemerintah tidak mudah melakukan impor karena barang impor sudah masuk sampai pelosok desa," katanya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), impor singkong sepanjang 10 bulan terakhir mencapai Rp 32 miliar. Pada periode 2000-2011, rata-rata impor singkong sebesar 146.055 ton per tahun. Negara asal impor yaitu dari Cina, Thailand, dan Vietnam.

ANGGA SUKMA WIJAYA

Berita terpopuler lainnya:
Penghina Habibie: LB Moerdani Itu Kawan Dekat Saya  
Hina Habibie, Mengapa Eks Menteri Malaysia Ogah Minta Maaf? 
Menghina Habibie, Ini Tujuan Zainudin Maidin 
Begini Penghina Habibie Respons Protes DPR
Alasan Eks Menteri Malaysia Hina Habibie


Anda sedang membaca artikel tentang

Ternyata, Indonesia Masih Impor Singkong

Dengan url

http://bisnisantaija.blogspot.com/2012/12/ternyata-indonesia-masih-impor-singkong.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ternyata, Indonesia Masih Impor Singkong

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ternyata, Indonesia Masih Impor Singkong

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger