Menkeu: BBM Naik, Rupiah Tetap Akan Tertekan

Written By Unknown on Sabtu, 22 Juni 2013 | 09.35

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan Muhammad Chatib Basri mengatakan nilai tukar Rupiah dan Indeks akan tetap tertekan meskipun pemerintah sudah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. "Saya kira akan tetap ada pressure meskipun harga BBM naik," kata Chatib di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jumat, 21 Juni 2013.

Chatib mengatakan, hal tersebut disebabkan oleh kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (The Federal Reserve) yang belakangan mengumumkan rencana pemberhentian kebijakan quantitative easing. "Fenomena ini akan terjadi kedepan," katanya.

Namun dengan adanya kenaikkan harga BBM tersebut, Chatib mengatakan kondisi ekonomi nasional akan lebih membaik dengan penyehatan fiksal dalam negeri. Penyehatan tersebut dengan pengurangan defisit anggaran menjadi 2,38 persen setelah disetujuinya APBN Perubahan 2013 oleh Dewan Perwakilan Rakyat. "Persoalan sekarang adalah bagaimana untuk menghindari dan dampak dari gejolak global," katanya.

Sebelumnya, Gubernur The Fed, Ben Bernanke, mengatakan pihaknya akan berangsur-angsur mengurangi pembelian obligasi mulai tahun ini. Jika perekonomian Amerika Serikat terus membaik, kebijakan quantitative easing akan benar-benar berakhir tengah tahun depan. Kebijakan tersebut berdampak melemahnya nilai tukar dan Indeks yang terus jatuh.

Kenaikkan BBM diharapkan akan menjadi solusi penyehatan fiskal agar fundamental ekonomi domestik kuat. Pemerintah pun secara resmi telah mengumumkan kenaikkan harga BBM untuk Premium menjadi Rp6.500 per liter dan untuk Solar Rp5.500 per liter yang berlaku mulai 22 Juni 2013 di seluruh Nusantara.

ANGGA SUKMA WIJAYA


Anda sedang membaca artikel tentang

Menkeu: BBM Naik, Rupiah Tetap Akan Tertekan

Dengan url

http://bisnisantaija.blogspot.com/2013/06/menkeu-bbm-naik-rupiah-tetap-akan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menkeu: BBM Naik, Rupiah Tetap Akan Tertekan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menkeu: BBM Naik, Rupiah Tetap Akan Tertekan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger