Investor Tunggu Perkembangan Jurang Fiskal

Written By Unknown on Senin, 10 Desember 2012 | 09.35

Senin, 10 Desember 2012 | 06:52 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pemulihan ekonomi Amerika dan perkembangan pembahasan soal jurang fiskal masih menjadi acuan investor di pasar saham.

Menurut analis dari PT Millennium Danatama Sekuritas, Abidin, indeks pada pekan ini masih berpotensi tertekan oleh sikap investor yang belum mau mengambil risiko di pasar saham. "Investor masih menunggu keputusan final mengenai program pemotongan anggaran dan kenaikan pajak di Amerika Serikat yang dikenal dengan jurang fiskal (fiscal cliff)," ujarnya.

Menurut Abidin, kekhawatiran atas jurang fiskal akan menghambat laju bursa global sampai akhir tahun dan pelaku pasar akan lebih memilih mengamankan portofolionya dengan memburu dolar. Program pengetatan anggaran di AS menjadi isu penting karena akan menghambat pemulihan ekonomi yang sedang berjalan.

Dari dalam negeri, indeks masih tertahan di bawah level 4.300 karena beberapa sentimen negatif. Faktor penahan indeks ini datang dari tuntutan buruh atas upah minimum serta tekanan jual yang melanda saham berkapitalisasi besar, misalnya Astra.

Pekan ini, investor berharap pada pertemuan bank sentral Amerika yang dikabarkan akan mengeluarkan stimulus lanjutan. Diprediksi, IHSG masih akan bergerak datar di kisaran 4.230-4.300 dengan saham-saham sektor konsumer, properti, infrastruktur, dan konstruksi menjadi penopang indeks. "Direkomendasikan membeli saham Telkom, Bank BCA, dan Unilever," ujar Abidin.

Di perdagangan akhir pekan lalu, indeks ditutup di level 4.290,79, atau menguat 14,65 poin (0,34 persen) dibanding penutupan akhir pekan sebelumnya di level 4.276,14. Membaiknya data ketenagakerjaan di Amerika Serikat menjadi katalis positif yang menggerakkan indeks.

Angka klaim pengangguran di Negeri Abang Sam pada November turun menjadi 370 ribu orang dari sebelumnya 395 ribu orang. Sedangkan tingkat pengangguran pada November turun ke 7,7 persen dari bulan sebelumnya, level 7,9 persen.

M AZHAR | PDAT


Anda sedang membaca artikel tentang

Investor Tunggu Perkembangan Jurang Fiskal

Dengan url

http://bisnisantaija.blogspot.com/2012/12/investor-tunggu-perkembangan-jurang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Investor Tunggu Perkembangan Jurang Fiskal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Investor Tunggu Perkembangan Jurang Fiskal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger